Waktu demi waktu telah dilewati hingga telah sampai pada bulan yang penuh barokah ini, bulan yang dinanti nanti telah menunjukkan dirinya, muharrom itulah sebutannya, muharrom merupakan bulan pertama pada perhitungan kalender islam. Muharrom tahun ini berkesempatan hadir pada tanggal 20 agustus 2020, bulan yang datang dengan segala kelebihannya diyakini memiliki banyak manfaat.

    Tentang muharrom, ada banyak sekali ibadah yang dianjurkan untuk diamalkan, salah satunya adalah berpuasa, pernyataan ini juga di perkuat dengan adanya hadist yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh : “ seseorang datang menemui rosulullah SAW, ia bertanya : setelah Ramadhon, puasa di bulan apa yang lebih afdhal?, Nabi SAW menjawab, puasa di bulan Allah yaitu bulan yang kalian sebut dengan Muharrom(HR. Ibnu Majah).

     Kami sebagai santri dan santriwati, tidak lupa untuk selalu mensyukuri nikmat tuhan ini, puasa selalu kami jadikan pengingat akan nikmat yang telah diberikan, sebagai perisai kuat penahan nafsu dan amarah, serta mempertebal iman kepada tuhan yang Esa. Bukan hanya puasa, tetapi lantunan lantunan ayat Al quran juga mengiringi keseharian santri, bukan untuk membenarkan bacaan saja, tetapi juga Memahami sebagai sarana untuk beribadah kepada-Nya.

     Sering kali muharrom-muharrom sebelumnya, kita sisipi dengan perlombaan perlombaan, bukan hanya hiburan semata, tetapi juga sebagai bentuk syukur dan rasa bahagia untuk menyambut bulan yang istimewa ini. Muharrom adalah bulan bersejarah bagi kami para santri, bulan penuh makna dan berjuta-juta filosofi dan inspirasi bagi kami,untuk memotivasi diri dalam berjihad dan mencari ilmu serta Ridho Ilahi.
-Team Babussalam Media-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *